THE LOST TRAVELLER

Minggu, 10 Juli 2016

Soko Gunung, Melihat Indahnya Wonogiri dari Menara Pandang

Agaknya, perhatian masyarakat Wonogiri terhadap potensi wisata yang dimiliki mulai meningkat. Kali ini, ada sebuah obyek wisata baru yang dikembangkan sendiri oleh warga Dusun Soko Gunung, Desa Sendang, Kabupaten Wonogiri. Obyek wisata ini membuat anda mampu melihat kota Wonogiri secara keseluruhan dari Menara Pandangnya. 


( Saya di Menara Pandang Dusun Soko Gunung)

Kalau anda pernah berkunjung ke Kabupaten Magelang, tepatnya di Punthuk Sukmojoyo, bentuk Menara Pandang ini bisa dibilang hampir-hampir mirip. Untuk bisa mendapatkan foto disini, anda harus melalui perjalanan yang cukup membuat anda sedikit berkeringat. Sebelum berangkat, pastikan motor yang anda kendarai dalam kondisi bagus, apalagi remnya. Karena anda akan melewati jalan yang menanjak ketika berangkat dan jalan pulang yang menurun tajam. Jangan lupa bawa air minum dengan menggunakan tumblr anda, kalaupun anda membawa minuman atau makanan kemasan, jangan lupa bawa kembali sampahnya!

Saya berangkat bersama adik saya dan 3 orang temannya. Untuk sampai ke gapura depan gantole Desa Sendang ini, anda membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari pusat kota. Coba lihat video di bawah ini :




Anda akan melewati puncak bukit Prampelan yang terletak 200 mdpl atau yang biasa orang sebut dengan Gantole 1. Ambil jalan lurus, setelah ada pertigaan pertama, pilihlah ke kiri ke arah puncak bukit Joglo atau lebih terkenal dengan Gantole 2 atau  Landasan Paralayang. Saya pernah mereview sebelumnya di tulisan saya Sunrise dari Gantole Wonogiri. Puncak ini terletak pada ketinggian 50 mdpl. Ketika ada pertigaan menuju ke Gantole 2, ambillah jalan ke kanan melewati jalan setapak yang sudah di cor. Sepanjang jalan tersebut telah dipasang papan petunjuk arah lokasi Menara Pandang Dusun Soko Gunung.



Tibalah kami di penitipan motor, yang merupakan rumah penduduk terakhir sebelum kita dapat melanjutkan perjalanan kembali menuju Menara Pandang. Perjalanan selanjutnya harus ditempuh dengan menggunakan jalan kaki. Menurut informasi yang kami peroleh dari bapak penjaga parkiran tersebut, jarak kami ke Menara Pandang masih sekitar 300 meter. Jadilah kami berlima menapaki jalan setapak berbatu itu. Ah, jalanan ini mengingatkan saya pada perjalanan ke gunung Andong tempo dulu. 


( jalan setapak menuju ke Menara Pandang)

15 menit sudah kami menapaki jalan tersebut, dan kami disuguhi pemandangan sekitar yang begitu mengagumkan di kaki Menara Pandang. Dari sini, kami dapat melihat wilayah Wonogiri secara keseluruhan yang dihiasi dengan pemandangan Waduk Gajah Mungkur dan Pegunungan Seribu.



Rasanya sayang sekali kalau tidak mengabadikan personil jalan-jalan kali ini, kamera di tangan kiri dan handphone ditangan kanan. Beraksi !



 ( ki-ka : adik saya @agasputraa ,  @rifaiagung@ianrifqi, saya @anindhytaputtri@wahyu_sucik )

Sebelum menuju ke puncak, ada baiknya anda menelusuri sekitar kaki Menara Pandang tersebut. Anda dapat memanjat bebatuan yang berada di sebelah kanan anda untuk bermain dengan ayunan seperti saya ini. 


atau ingin mencoba untuk bermeditasi di atas bebatuan? Bisaaaa !


Namun, perlahan kabutpun turut dan menutupi penglihatan kami. Kamipun menunggu hampir setengah jam untuk membiarkan kabut tersebut menghilang terlebih dahulu agar bisa menuju ke Menara Pandang. Saya menaiki satu persatu tangga yang terbuat dari kayu ini, dan .............


( Menara Pandang)

Sampailah kita pada Menara Pandang yang beberapa hari ini tengah menjadi perbincangan hangat di berbagai akun instagram wisata di Wonogiri. Menara Pandang Puncak Dusun Soko Gunung yang terletak 768 mdpl ini memang memiliki potensi yang tinggi menjadi obyek wisata baru mengingat lokasinya yang jauh lebih tinggi dari dua puncak gantole yang lain. Anda mampu melihat keseluruhan Wonogiri secara lengkap karena Menara Pandang yang terletak di Puncak Soko Gunung ini juga merupakan salah satu puncak bukit tertinggi di Perbukitan Wonogiri. Selain itu, Menara Pandang ini juga memberikan sedikit sensasi adventure  dengan melakukan tracking sepanjang 300 yang cocok untuk pemula.

Menurut informasi dari penduduk setempat yang kami peroleh, bambu dan kayu untuk membuat Menara Pandang ini dibawa langsung dari bawah. Luar biasa! Alangkah bijaknya jika nantinya anda menjadi pengunjung di obyek wisata ini, anda tidak merusak segala properti yang sudah susah payah dibangun oleh penduduk ini. Selain itu, bawalah sampahmu kembali ke bawah agar tidak mengotori lingkungan. Biarkan orang lain juga dapat menikmati keseluruhan kota Wonogiri dari puncak dalam keadaan bersih dan nyaman. Selamat berwisata dengan bijak di Wonogiri !







Share This

5 komentar:

  1. Keren mbak,, aku tertarik ke sana, kmren belum lama abis dari gantole 2, tapi gx tw kalo soko gunung dket e gantole, satu jalan pula,,, makasih atas info ne mbak,, sangat membantu,,,😀👍

    BalasHapus
  2. Jalurnya lewat mana ya kalo dari terminal adipura, kebetulan kamlung saya di belakang pas terminal adipura

    BalasHapus
  3. terima kasih atas kunjungannya mbak..

    BalasHapus
  4. Memang keren pemandangan dari Soko Gunung..
    Apalagi kalo sore menjelang sunset pas cerah..

    Monggo mampir ke blog saia juga.. hehe

    BalasHapus

Designed By Blogger Templates | Distributed By Gooyaabi Templates